Info Parabola tv satelit

Informasi Parabola Tv Satelit Digital di Indonesia

Kelebihan dan Kekurangan Parabola Mini

Kelebihan dan kekurangan parabola mini perlu anda ketahui bersama sebelum memutuskan apakah akan memasang parabola jaring atau parabola mini. Parabola mini sebelumnya selalu identik dengan parabola tv berbayar, namun kenyataannya tidak seperti itu pada saat ini.

Banyak pilihan siaran yang dapat dinikmati dengan parabola mini tanpa harus berlangganan, walaupun sebagian mensyaratkan memakai receiver rekomendasi yang harganya selisih 100 ribuan daripada receiver biasa di pasaran.
Kelebihan dan Kekurangan Parabola Mini
Jika dilihat dari fisiknya, parabola mini terbuat dari plat solid tipis dengan ukuran mulai dari 45 cm, 60 cm, 80 cm. Dikarenakan parabola mini di fungsikan untuk menangkap frekuensi Ku Band, maka tidak membutuhkan penampang yang luas. Sedangkan pemasangan parabola mini dengan LNB C Band adalah tidak direkomendasikan, dikarenakan tidak akan bisa mendapatkan sinyal yang cukup kuat.

Kelebihan Parabola Mini

Nah sekarang mari kita bahas bersama kelebihan menggunakan parabola mini yang teman teman semua harus ketahui. Berdasarkan dari beberapa sumber dan pengalaman penulis selama beberapa tahun terakhir, penggunaan parabola mini semakin hari semakin di minati dibandingkan dengan parabola jaring. Berikut kelebihan menggunakan parabola mini :

  • Dikarenakan ukuran yang relatif kecil dan modelnya sederhana, parabola mini sangat mudah dirakit, bahkan bagi rekan rekan yang masih awam, hal ini sangat mudah dilakukan. 
  • Selain itu, ukuran yang kecil dan ringan membuat pemasangan parabola mini menjadi lebih mudah dan tidak memakan tempat. Anda bisa memasang parabola mini pada dak, tembok samping, tembok depan, tembok belakang, pada resplang, pada kayu usuk rumah anda juga bisa.
  • Harga yang murah, dengan cukup membayar 150 ribu saja, anda sudah dapat membeli parabola mini ukuran 45 cm atau 60 cm satu set lengkap dengan LNB dan kabel coaxial sepanjang 15 - 20 meter.
  • Pilihan siaran dan chanel gratis tanpa berlangganan pada beberapa satelit misalnya Ninmedia di Chinasat 11, Garmedia K Vision pada Measat 3A, Nex Parabola pada Satelit SES 9, Aora Tv pada satelit Telkom 4, SMV TV pada satelit ABS 2. 
Baca Juga :

  • Mayoritas siaran berasal dari indonesia, sehingga tidak perlu khawatir tentang perbedaan bahasa, subtitle, acara serta budaya yang ditayangkan. 
  • Cara tracking yang lebih mudah, di karenakan ukuran yang kecil dan jenisnya parabola offset, Tracking ke satelit yang di tuju akan lebih mudah, serta LNB dapat di jangkau dengan tangan, berbeda dengan parabola jaring yang lnb nya tidak terjangkau dengan tangan. 
Kelebihan dan Kekurangan Parabola Mini


Kekurangan Parabola Mini

Selain kelebihan yang sudah kita uraikan diatas, Parabola Mini juga mempunyai beberapa kekurangan yang harus anda ketahui juga, agar anda mempunyai gambaran lengkap sebelum memutuskan apakah akan menggunakan parabola mini atau parabola jaring. Beberapa kekurangan parabola mini diantaranya :

  • Jumlah chanel lebih sedikit, umumnya hanya mendapatkan sekitar 40 - 80 chanel saja. Namun Jika anda menggunakan parabola jaring, Channel yang di dapat memang banyak, tapi kebanyakan siaran luar negeri yang belum tentu ada alih bahasa dan subtitlenya. 
  • Frekuensi Ku Band sangat rentan terhadap gangguan cuaca, umumnya jika terjadi cuaca mendung gelap, atau hujan lebat akan mengakibatkan intensitas sinyal menurun bahkan kadang sampai sinyal sama sekali hilang. Jadi semakin tinggi / maksimal sinyal saat tracking akan semakin baik dan semakin tahan cuaca.
  • Pada beberapa provider TV Satelit mensyaratkan penggunaan receiver rekomendasi untuk menyaksikan siaran tertentu. Harga receiver rekomendasi ini berkisar sekitar 280 an, atau 100 ribuan lebih mahal dari receiver Mpeg4 biasa yang juga sudah HD. 

Setiap produk tentunya mempunyai kekurangan dan kelebihan masing masing, begitu juga dengan parabola mini dan parabola jaring. Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan tiap produk, diharapkan anda akan lebih bijaksana dalam menentukan jenis parabola yang akan anda gunakan, disesuaikan dengan kondisi dan keinginan anda masing masing. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment