Info Parabola TV Digital

Informasi Parabola Tv Satelit Digital di Indonesia

Cara Mengembalikan Channel TV yang Hilang pada Parabola

Cara mengembalikan channel tv yang hilang pada parabola wajib kita ketahui dikarenakan pada beberapa chanel tertentu sering sekali berganti frekuensi yang menyebabkan channel tv parabola menjadi hilang. pada beberapa kesempatan, mungkin anda pernah sekali mengalami hal tersebut, baik anda pengguna parabola jaring, parabola mini baik berbayar ataupun gratis tanpa berlangganan.

Perubahan komposisi siaran parabola tv atau perubahan konfigurasi transponder pada grup tv satelit adalah hal yang wajar dan diluar kendali kita sebagai penikmat siaran parabola tv, namun tak ada salahnya kita belajar dan mengetahui cara antisipasi dan perbaikan untuk mengembalikan channel tv yang hilang pada parabola tv satelit.
Cara Mengembalikan Channel TV yang Hilang pada Parabola

Penyebab Channel Tv hilang pada Parabola

Secara garis besar penyebab Channel TV Hilang pada Parabola di klasifikasikan kedalam dua sub kelompok, yaitu dari sisi penyedia dan dari sisi user. Kita sebagai user harus dapat mengidentifikasi masalah channel tv yang hilang, apakah bersumber dari sisi penyedia layanan parabola tv atau dari sisi kita sebagai user.

Baca Juga : Nex Parabola Tidak Ada Sinyal dan Cara Mengatasinya

Jika penyebabnya dari sisi penyedia layanan parabola tv, maka akan berimbas kepada semua user ( pelanggan ), namun jika penyebab hilangnya channel tv pada parabola adalah dari sisi user, hal ini hanya akan berpengaruh pada kita saja, tidak pada pelanggan yang lain.

Ada beberapa alasan dari pihak penyedia layanan untuk mengganti, merubah, menambah atau mengurangi jumlah chanel atau transponder  yang di kelola masing masing penyedia layanan. Bisa di karenakan penataan channel atau transponder, efisiensi atau memaksimalkan isian channel dalam satu transponder.

Bisa juga pengurangan karena kontrak penyewaan transponder telah berakhir, atau pembaharuan pengelompokan transponder berdasarkan jenis layanan yang akan di berikan kepada pengguna tv berlangganan.

Baca Juga :

BIG TV Stop Layanan dan Berhenti Beroperasi pada 31 Mei 2020 

Update Resmi NINMEDIA, Transponder 12560 mengalami Gangguan

Sedangkan jika penyebab channel tv yang hilang dari parabola bersumber dari sisi kita sebagai user, cek dahulu apa kira kira penyebabnya. Apakah hanya satu dua chanel yang hilang ataukah semua chanel hilang ? Apakah sehabis terjadi hujan angin yang menyebabkan kemungkinan pergeseran pada posisi parabola? Atau mungkinkah parabola anda tertutup sesuatu, misalkan dahan pohon atau hal yang lainnya?

Channel Tv yang hilang pada parabola bisa jadi diakibatkan oleh kesalahan pengoperasian oleh pengguna, semisal tidak sengaja mengganti frekuensi LNB, mengganti angka pada switch, atau merubah frekuensi transponder satelit tertentu. Bisa jadi ketika remote receiver parabola di gunakan bermain oleh anak anak juga bisa saja terjadi.

Cara Mengembalikan Channel TV yang Hilang pada Parabola


Cara Mengembalikan Channel Tv yang Hilang pada Parabola

Setelah anda mengetahui penyebab channel tv hilang pada parabola yang sudah kita bahas diatas, maka langkah selanjutnya adalah bagaimana cara mengembalikan chanel yang hilang seperti semula. Kecermatan anda menganalisa penyebab channel tv hilang, akan menentukan langkah yang di ambil selanjutnya.

Jika hanya satu, dua atau beberapa chanel yang hilang sedangkan beberapa chanel yang lain masih ada, signal quality dan signal strength masih normal seperti semula, anda dapat mengembalikan channel yang hilang melalui fitur BLIND SCAN yang ada di semua receiver parabola.

Silahkan masuk ke Menu PENGATURAN >> INSTALASI >> SATELIT >> PILIH SATELIT >> pastikan signal quality dan signal strengthnya masih ada dan cukup ( diatas 50 atau 60 ), lalu Tekan TOMBOL BIRU ( SCAN ), anda akan beralih pada tampilan berikutnya, pada pilihan MODE SCAN, Pilih BLIND SCAN, lalu scan dapat dimulai, kemudian tunggu sampai selesai 100%.
Cara Mengembalikan Channel TV yang Hilang pada Parabola

Setelah selesai BLIND SCAN, maka seluruh transponder yang terjangkau oleh parabola anda akan muncul pada receiver, termasuk channel dan transponder baru ( jika ada ). Silahkan check kembali chanel favorit anda apakah sudah muncul kembali sekarang ?

 Namun jika semua channel parabola tv anda menghilangnya diakibatkan oleh tidak adanya sinyal yang ditangkap pada perangkat parabola anda, maka anda perlu mengecek beberapa hal untuk memperbaikinya.

Yang pertama cek kondisi parabola anda, apakah ada yang aneh ? apakah parabola ada bekas bergeser dikarenakan hujan atau angin misalnya, atau dikarenakan tersenggol orang atau barang juga bisa, apakah fisik parabola masih bagus, tidak penyok ?

Jika anda sudah memastikan parabola anda kondisi fisiknya masih bagus, kemudian cek kondisi kabel, konektor dan pemasangan ke dua ujungnya, baik yang ke LNB atau ke Receiver parabola. Pastikan kabel terpasang menggunakan konektor dengan baik dan benar, serta terpasang baik dan kencang pada receiver dan LNB.

Lalu cek kondisi LNB anda, apakah polarisasinya sudah sesuai ( menghadap barat untuk parabola jaring dan menghadap utara untuk parabola mini ). Jika LNB anda masih hidup dan berfungsi normal, setidaknya signal Intensity nya masih ada pada angka 60% walaupun signal qualitynya 0%. Jika sinal Intensity nya 0%, berarti ada yang kurang pas pada pemasangan kabel atau LNB nya mati.

Ganti LNB jika memang diperlukan, pasang sesuai kondisi awal sebelumnya. Lalu cek kembali channel anda. Walaupun mungkin sangat jarang terjadi, Channel TV hilang pada parabola bisa di akibatkan oleh rusaknya Receiver parabola anda. Agak sulit untuk mengetahuinya, kecuali anda mencoba Receiver anda pada parabola yang lain atau mencoba receiver lain pada parabola anda.

Sebelumnya saya juga sudah membahas panjang lebar tentang cara mudah memperbaiki signal yang tiba tiba hilang, dan dapat rekan rekan baca dengan mengunjungi artikel berikut :

Baca Juga :

Cara Mudah Mengatasi Sinyal Yang Tiba Tiba Hilang pada Parabola TV Satelit

Untuk pengaturan dan cara setting receiver serta parabola dapat dibaca juga pada artikel artikel berikut ini :

Baca Juga :

Cara Memasang dan Mencari Sinyal Parabola 

Cara Memprogram Parabola

Sekian pembahasan cara mengembalikan channel tv yang hilang pada parabola, baik tv berbayar ataupun yang gratis tanpa berlangganan. 

Jika anda mengalami kesulitan dalam memperbaiki kerusakan parabola anda, silahkan tuliskan permasalahan yang ada hadapi pada kolom komentar di bawah ini dan akan kita bantu menjawab sebaik mungkin. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

31 comments:

  1. Channeldirevisertv parabola hilang channel Telkom dan palapa hilang

    ReplyDelete
  2. Signyal semua tv kami hilang.
    Gimana caranya min

    ReplyDelete
  3. Signal semua tv kami hilang gimana cara dong

    ReplyDelete
  4. Semua chanel tv hilang ngga punya ku aja tp semua yg memakai parabola pd hilang

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul.smpe udh bosen berkali2 manggil tkgservice nya

      Delete
  5. Chanel tv kehapus semua gimana cara mengembalikan ya..kalo dipencet tulisan ya tidak ada siaran tv..mhon bantuan ya kk

    ReplyDelete
  6. Parabola mini punya ku, channel nya hanya TransTV ,trans7, antv, klo yang rcti,sctv, MNC Indosiar gak ada, Giman a caranya supaya ada lagi, dulunya ada tapi lama kelamaan hilang satu persatu

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai nex parabola gan, atau k vision dijamin ada mnc grup

      Delete
  7. Kenapa siaran trans7 tdk ada sigyal sedang udh ganti frekuensi baru min

    ReplyDelete
  8. Semua channel tv ku hilang hanya tinggal ANTV dan TRANSTV..
    Gimana caranya memperbaiki min

    ReplyDelete
  9. Smua jaringan hilang terus ada jaringan dalam jangka beberap detik terus hilang lagi dalam jangka sejaman dan ada jaringan lagi beberap saat trus hilang lagi begitu terus, itu gimana cara mengatasinya, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu sepertinya karena parabolanya engga pas, sinyalnya engga maksimal

      Delete
  10. Halo kak ,sebagian channel saya sinyalnya timbul tenggelam jd gambar dan suaranya macet2 gitu padahal channel yg lain Bagus semua dan sinyal jg Bagus, sudah coba scan ulang tp mode nya hanya bisa preset , ga bisa diubah ke blind scan, mohon pencerahannya ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai receiver apa ya kak? kok ga ada opsi blind scan ? yg gambarnya macet macet itu sinyalnya kurang kuat, atau transponder satelitnya kurang kuat, pakai berapa LNB, ke satelit mana ?

      Delete
  11. Sinyal semua TV hilang, kecuali RTV. sudah scan bolak balik semuanya sama aja, hanya RTV. mohon bantuannya. mksh

    ReplyDelete
  12. Chanel tv saya cuma ada antv dan tvone yg lain nya ga ada.itu kira" apa penyebab nya dan harus gimana supaya semua chanel tv saya balik lgi semua.?

    ReplyDelete
  13. Smua chanel tv hilang,pakai parabola transvision

    ReplyDelete
  14. Gan kalau para bola bergeser karena angin atau hujan gimana cara perbaiki ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu paling bergeser dikit aja sobat, ciba di goyang² dikit parabolanya

      Delete
  15. Sudah di blind scan tetep aja ga ada yg lain cuma transtv, trans7, sctv, indosiar, net, globaltv, mnctv. Daftar chanel nya aja jd nambah 256 tp ga ada yg bisa di tonton

    ReplyDelete
  16. Semua channel TV hilang, kepencet sama anak

    ReplyDelete
  17. Kalau parabola venus bang kok hilang mnc group nya, terus kalau hujan jadi no signal semua
    Solusinya bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah tergantung nih sobat, parabola venus pakai receiver apa ? sekarang yang bisa buka mnc grup cuma receiver rekomendasi misalnya nex parabola, receiver rekomendasi k vision, kalau hujan sinyal ilang itu biasanya karena sinyal yang sekarang engga maksimal, coba sinyalnya di maksimalin. ini parabola jaring kan ?

      Delete
  18. Saya punya parabola mini Tanaka recevier get mecom Montong dulu Tran 7,metro,ANTV ada,sekarang gambar ilang cenel quality & strength kuat semua gambar td muncul hanya cenelnya saja..RTV ,Arab,cenel daerah dll ada.kira2 apanya gan,.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba di blindscan ulang pak, mungkin ganti frekuensi

      Delete