Info Parabola tv satelit

Informasi Parabola Tv Satelit Digital di Indonesia

Cara Mudah Membuat Antena Parabola Sendiri

Cara Mudah Membuat Antena Parabola Sendiri. Apakah rekan rekan pernah terpikir untuk membuat parabola sendiri ? Kalau anda menjawab pernah, berarti anda sependapat dengan saya, jika kita sama sama pernah terpikir untuk membuat antena parabola sendiri. 

Apakah membuat antena parabola sendiri akan lebih menghemat dari pada membeli antena parabola ? Mungkin benar akan lebih menghemat, selain itu erupakan suatu kebanggaan tersendiri jika kita berhasil membuat antena parabola sendiri.


Cara Mudah Membuat Antena Parabola Sendiri

Namun dibutuhkan sedikit kreatifitas dan waktu untuk membaca dan mempelajari cara membuat antena parabola sendiri. Bagi anda yang mengutamakan kepraktisan dan enggan membuat kalkulasi serta praktek praktek, cara ini tidak di anjurkan untuk anda, cukup membeli melalui dealer dealer parabola di sekitar anda.

Peralatan Membuat Antena Parabola Sendiri

Untuk membuat antena parabola sendiri, anda perlu menyiapkan beberapa alat dan bahan yang di butuhkan. Yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini adalah cara membuat antena parabola sendiri menggunakan wajan bekas dan cara membuat antena parabola sendiri menggunakan kipas angin bekas.

Peralatan yang dibutuhkan untuk membuat antena parabola sendiri menggunakan wajan bekas adalah sebagai berikut :


  • Wajan bekas atau baru dengan ukuran diameter 45 cm 
  • LNB Ku Band Fokus ( tapi mahal ), bisa menggunakan LNB Offset biasa dengan harga 30 ribuan, tapi harus memotong CSR ( Canonical Scalar Ring ) yang ada pada lnb Offset biasa tersebut, berikut contoh LNB Offset yang sudah di rubah menjadi LNB Fokus :

 Cara Mudah Membuat Antena Parabola SendiriCara Mudah Membuat Antena Parabola Sendiri

  • Ember untuk tempat menaruh wajan untuk pointing
  • Botol minuman air mineral bekas kemasan 600 ml, dan mur baut kecil.
  • Kabel, connector dan Receiver Mp4 / HD dengan merk apa saja.


Sedangkan untuk membuat Antena parabola sendiri menggunakan Kipas angin bekas di butuhkan peralatan sebagai berikut :


  • Tutup kipas angin bekas
  • besi plat lubang 1 meteran ( agar mudah di tekuk dan di sesuaikan titik fokusnya )
  • Kawat kassa kecil ( kawat nyamuk ) seluas ukuran tutup kipas angin bekas. 
  • LNB Ku Band Offset Biasa
  • Kabel, konektor
  • Receiver Mp4 HD Merk apa saja


Cara Mudah Membuat Antena Parabola Sendiri Menggunakan Wajan Bekas

Langkah pertama, Potong bagian atas botol air mineral kemasan 600 ml hingga hanya menyisakan panjang sekitar 15,5 - 16 cm dari bagian bawah botol. Kemudian  buatlah lubang kecil pada tengah tengah parabola dan lubang kecil pada bagian bawah kemasan air mineral yang sudah kita potong tadi.

Setelah itu pasangkan botol kemasan air mineral tersebut pada wajan menggunakan baut pada bagian yang telah di lubangi. Pasangkan LNB Ku Band Offset Biasa yang sudah di potong CSR nya ke bagian atas botol air mineral.


Cara Mudah Membuat Antena Parabola Sendiri

Jarak sumbu fokus antara LNB dan Ujung bawah lubang wajan adalah 13,5 - 14 cm untuk ukuran wajan dengan diameter 34 cm, semakin besar wajan, jarak fokusnya semakin jauh.

Pasang ujung kabel ke  LNB dan ujung kabel yang lain ke receiver. Untuk percobaan ini kita akan tracking satelit yang cukup mudah di lock, yaitu Ninmedia pada satelit Chinasat 11 dengan posisi 95 BT dan transponder 12560 V 43200.


Cara Mudah Membuat Antena Parabola Sendiri

Pengaturan receivernya kita anggap rekan rekan sudah mengetahui semua, bagi yang belum tahu dapat mempelajari caranya pada link artikel berikut :

Cara Memprogram Parabola 

Cara Menentukan Arah Parabola ke Satelit 

Ninmedia, Cara Mudah Tracking dan Instalasi

Dikarenakan ini adalah parabola fokus mini, maka cara mencari sinyalnya mirip dengan cara mencari sinyal parabola jaring besar. Posisikan port kabel LNB menghadap utara ( Vertikal ). Posisi antena juga akan mirip dengan parabola jaring besar, yaitu tidak begitu menunduk seperti parabola mini biasanya. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut :

Cara Mudah Membuat Antena Parabola Sendiri Menggunakan Kipas Angin Bekas

Pasang kawat kassa strimin kecil pada lingkaran tutup kipas angin bekas, sampai semua bagian kipas angin bekas tertutup semua dengan kawat kassa strimin.

Pasang  besi plat lubang pada bagian belakang menggunakan baut. Kemudian bengkokkan besi plat lubang tersebut kedepan sehingga menyerupai dengan arm LNB support pada parabola mini yang asli.


Cara Mudah Membuat Antena Parabola Sendiri

Pasang LNB pada ujung plat besi lubang dengan menggunakan baut, posisikan lnb pada tengah tengah antena dan menghadap titik tengah antena juga, dengan jarak fokus sekitar 30 cm. Jarak fokus ini nantinya dapat diatur dan disesuaikan dengan sinyal yang di dapat. Port kabel LNB berada pada arah selatan atau utara, namun posisinya agak turun sedikit dari posisi horizontal.

Sambung ujung kabel yang satu pada LNB dan ujung kabel satunya pada receiver Mp4 HD. Setting receiver seperti sebelumnya yang kita bahas diatas. Lalu kita dapat memulai mencari sinyal parabola ninmedia. Jika pada bab sebelumnya menggunakan ember untuk dudukan parabola, kali ini kita bisa menggunakan bangku kecil sebagai dudukan parabola.


Cara Mudah Membuat Antena Parabola Sendiri

Cara trackingnya sama dengan cara tracking parabola mini dengan lnb offset pada umumnya. Setelah anda mendapatkan sinyal, anda bisa membuat dudukan tersebut menjadi permanen dengan memberi pembatas pada kedua sisi antena parabola rakitan tersebut.

Proyek membuat antena parabola mini sendiri memang menyenangkan jika anda mempunyai waktu luang dan senang bereksperimen. Dapat menambah rasa percaya diri anda juga dalam kemampuan tracking satelit. Selain itu anda termasuk orang yang kreatif, hehe. 

Namun jika anda sudah mencoba beberapa kali dan gagal, jangan khawatir, antena parabola mini sekarang banyak dijual dimana saja, baik offline dan online dengan harga terjangkau. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Sumber Artikel :
https://www.kreasiparabola.com/2018/10/cara-membuat-parabola-dari-wajan-dapur.html
https://www.kreasiparabola.com/2018/10/cara-modif-lnb-ku-band-tipe-offset.html
https://batike07.blogspot.com/2019/07/cara-buat-parabola-sendiri-yang-mudah.html
https://www.youtube.com/watch?v=siyUP4Op7P4 

No comments:

Post a Comment