Info Parabola tv satelit

Informasi Parabola Tv Satelit Digital di Indonesia

Siaran TV Digital Serta Analog Di Yogyakarta Dan Sekitarnya

Siaran TV Digital di Yogyakarta dan sekitarnya. Seperti kita ketahui bersama, Tv digital merupakan bagian dari masa depan pertelevisian di indonesia dan di seluruh dunia. Pada beberapa negara di luar sana sudah sepenuhnya bermigrasi dari sistem penyiaran tv analog ke sistem penyiaran digital.

Sementara di Indonesia, migrasi ini tampaknya dilakukan secara bertahap dengan mempertimbangkan berbagai hal. Salah satunya adalah kepemilikan tv digital itu sendiri, banyak masyarakat di indonesia yang masih menggunakan tv analog.

Untuk bermigrasi ke TV Digital, mereka perlu membeli perangkat televisi yang sudah support dengan sistem siaran tv digital atau dengan menambahkan sebuah Set Top Bos Digital Video Broadcasting Terrestrial ( STB DVB T2 ) yang berfungsi menangkap siaran tv digital untuk ditampilkan di TV analog.
Siaran TV Digital Serta Analog Di Yogyakarta Dan Sekitarnya
Mengenai migrasi yang membutuhkan pergantian perangkat televisi atau penambahan STB DVB T2 ini, tentu saja masyarakat tidak bisa dipaksa untuk bermigrasi atau membeli perangkat tambahan. Yang bisa dilakukan adalah sosialisasi terus menerus agar masyarakat pelan pelan tergerak untuk meninggalkan sistem siaran tv analog dan menyambut sistem siaran tv digital.

Sistem siaran tv digital ini sebenarnya agak mirip dengan tv analog dikarenakan sama sama dipancarkan dari Base Transceiver Stasiun milik stasiun tv atau operator. Sehingga ketersediaan chanel siaran tv digital menjadi sangat beragam, Siaran tv digital di suatu daerah belum tentu sama dengan daerah yang lain. Hanya saja, tayangan siaran tv digital yang sampai di rumah kita pasti lebih jernih dari siaran tv analog.

Pada siaran tv digital hanya mengenal sinyal diterima atau tidak, jika diterima maka kualitasnya baik, tidak ada semut dan tidak berbayang, jika tidak diterima maka tidak ada siaran. Lalu, apakah anda masih menggunakan sistem siaran tv analog atau sudah bermigrasi ke sistem siaran tv digital ?

SIARAN TV DIGITAL DI YOGYAKARTA

Kebetulan sekali saya sebagai pengguna baru sistem siaran televisi digital akan membagikan pengalaman saya kepada rekan rekan. Beberapa waktu yang lalu saya berkesempatan membawa pulang Smart TV LG 32LM630BPTB yang diduetkan dengan Toyosaki Outdoor Tv Antenna AIO-220AW.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, Tv digital perlu dipasangkan dengan antena digital juga. Oh iya, tv digital saat ini juga masih hybrid dengan tv analog, jadi siaran tv analog masih bisa di dapatkan juga walaupun menggunakan Tv digital dan antena TV digital.
Siaran TV Digital Serta Analog Di Yogyakarta Dan Sekitarnya
Setelah diduetkan dengan antena tv digital maka di dapatlah beberapa chanel tv digital dan chanel tv analog di yogyakarta dan sekitarnya. Kenapa dipilih yogyakarta ? karena admin tinggal di kota yogyakarta tercinta ini, hehe. Berikut chanel Tv digital yang berhasil ditangkap di yogyakarta :
1. Metro TV
2. Metro Tv HD
3. TVRI Nasional Mpeg4
4. TVRI Jogja Digital
5. TVRI 3
6. TVRI 4
7. NET HD
8. Inspira TV
9. KTI TV
10. Nusantara TV
11. TV MU ( TV Muhammadiyah )
12. TA TV
13. Tegar TV
14. CNN Indonesia
15. CNBC Indonesia
16. Trans7 Digital
17. TransTV Digital

Chanel Tv Digital ini dimulai dengan angka 800 untuk metro TV dan 816 untuk Trans TV Digital, itu sudah setingan default untuk membedakan dengan siaran tv analog. Jika diperhatikan ada dua chanel yang tidak kita BOLD pada daftar diatas, yaitu NET HD dan KTI TV. NET TV dan KTI TV tersebut walaupun muncul didaftar chanel tv digital, namun selama ini belum ada siaran, mungkin saya yang terlalu jauh dengan BTS nya atau bisa juga memang sedang tidak siaran.

SIARAN TV ANALOG DI YOGYAKARTA

Selain Siaran TV digital diatas, didapatkan juga banyak siaran tv analog yang dapat disaksikan dengan lebih jernih dibandingkan televisi saya yang lama, entah analog tuner tv LG nya lebih bagus atau antenanya yang lebih mumpuni. Berikut daftar chanel TV Analog yang didapatkan menggunakan  Smart TV LG 32LM630BPTB yang dipasangkan dengan Toyosaki Outdoor Tv Antenna AIO-220AW : 
1. TVRI
2. TransTV
3. MNC TV
4. Indosiar
5. ANTV
6. RCTI
7. SCTV
8. GTV
9. TV One
10. RBTV
11. Metro TV
12. Trans7
13. Jogja TV
14. TA TV
15. Inews
16. RTV
17. O Channel
18. NET

Semua chanel chanel tersebut dapat dinikmati dengan baik karena kualitas gambar yang cukup jernih. Seperti yang saya sampaikan diatas, hasil scan televisi analog dan digital dikota anda bisa saja berbeda beda. Unumnya di setiap provinsi selain terdapat siaran tv nasional juga terdapat beberapa siaran tv lokal, baik dalam sistem analog maupun digital.
Siaran TV Digital Serta Analog Di Yogyakarta Dan Sekitarnya
Terlepas dari migrasi siaran tv analog menuju siaran tv digital yang terkesan tak kunjung usai di karenakan beberapa persoalan yang menghambat, mau tidak mau, siaran tv digital merupakan masa depan dari sistem pertelevisian di indonesia dan di semua negara lain.

Dengan di dukung ekosistem siaran tv yang berkualitas, variatif, kreatif dan mendidik akan menciptakan persaingan yang sehat dan iklim industri pertelevisian yang kian positif dan bermanfaat bagi masyarakat. Sudahkah anda bermigrasi ke siaran tv digital saat ini ?

No comments:

Post a Comment