Info Parabola tv satelit

Informasi Parabola Tv Satelit Digital di Indonesia

Penyebab dan cara mengatasi sinyal parabola sering hilang timbul saat siang dan malam

Beberapa kali saya mendapat pertanyaan dari rekan rekan di blog ini, mengapa sinyal parabola sering hilang kalau siang atau malam hari dan bagaimana solusinya. Tentunya kita harapkan parabola yang terpasang dirumah kita selalu berfungsi optimal sehingga kita lebih nyaman dalam menonton siaran televisi, terutama acara acara favorit kita.

Pertanyaan pertanyaan tersebut bagi sebagian orang menjadi misteri, namun akan kita coba bahas disini hal apa saja yang dapat menyebabkan kualitas sinyal menurun atau bahkan hilang serta bagaimana hal tersebut dapat diantisipasi dan diperbaiki sehingga dapat bertahan untuk waktu yang lama.

Walaupun umumnya jarang terjadi, namun ada beberapa oknum teknisi yang melakukan pemasangan dengan sengaja dibuat agar kualitasnya tidak bertahan lama, misalnya baut sengaja tidak di kencangkan, atau memasang di dekat pohon yang cepat tumbuh rindang, pemasangan konektor tidak di lindungi dengan plester dan lain lain. Hal ini tentunya berpengaruh pada kualitas sinyal parabola setelah beberapa waktu terpasang dirumah anda.

Penyebab dan cara mengatasi sinyal parabola sering hilang timbul saat siang dan malam
Sinyal hilang timbul

Untuk pembahasan lengkapnya, maka dibawah ini akan kami sebutkan apa saja yang dapat menyebabkan sinyal parabola hilang timbul, baik ketika malam ataupun siang serta hal hal yang dapat dilakukan untuk memperbaiki kondisi sinyal seperti semula.

Penyebab sinyal sering hilang timbul pada malam atau siang hari

Ada beberapa hal yang mungkin dapat membuat sinyal parabola anda tidak stabil, baik dari faktor perangkat elektronik, cara instalasi, serta lingkungan sekitar lokasi pemasangan parabola. Beberapa hal ini harus anda ketahui dan anda cek untuk memperbaikinya daripada mengundang dan membayar teknisi untuk datang kerumah anda. Mari kita simak bersama penyebabnya berikut ini :

1. LNB atau Receiver Parabola yang sudah lemah

Pada umumnya perangkat elektronik memang memiliki batasan usia penggunaan, termasuk LNB dan Receiver Parabola. Apalagi jika perangkat tersebut sudah digunakan dalam waktu yang lama dan terus menerus. Ada LNB yang dapat bertahan selama beberapa tahun, namun ada juga yang sudah rusak walau hanya dipakai selama beberapa bulan. Ada beberapa LNB yang langsung tidak bisa digunakan, ada juga yang memasuki fase " melemah " sebelum benar benar rusak.

Kondisi LNB yang lemah tersebut dapat menyebabkan penerimaan sinyal menjadi tidak maksimal dan sering hilang baik ketika malam ataupun siang. Hal ini diperparah jika anda menggunakan receiver yang juga sudah lemah atau sering Hang. Saya sendiri pernah menemui receiver yang saya pakai sering Hang setelah dipakai beberapa jam. Ketika receiver tersebut Hang, receiver tersebut tidak dapat menerima sinyal sama sekali walaupun " Menu " dan " Channel " masih dapat di kontrol dengan remote kontrol.

2. Pemasangan Konektor Kabel ke LNB bermasalah

Hal ini yang paling sering saya temui, ketika pemasangan Konektor kabel ke LNB tidak sesuai standart, misalnya tidak kencang dan tidak di lindungi dengan silikon / plester dapat menyebabkan konektor lnb kemasukan air atau tidak terkoneksi dengan kencang. Jika sambungan tidak kencang otomatis akan ada saat nya kabel tersambung dan kabel terputus dalam beberapa waktu, hal inilah yang menyebabkan sinyal hilang timbul.

Pun demikian dengan pemasangan kabel ke konektor yang tidak dilindungi dengan semacam silikon atau plester dapat menyebabkan konektor kemasikan air sehingga Inner ( tembaga ) kabel maupun isolator konektor pada LNB berkerak dan kotor serta menghitam. Lapisan kotoran ini juga lama kalamaan akan menjadi penghambat tersambungnya konektor kabel ke LNB, sehingga kadang tersambung kadang tidak tersambung.

3. Baut Baut Antena tidak kencang

Ketika melakukan instalasi pemasangan antena parabola yang harus diperhatikan adalah tiang antena harus tegak lurus, view antena ke satelit tidak tertutup dan baut baut dipasang dengan kencang. Jika baut tidak dipasang dengan kencang, posisi antena dapat berubah jika terkena angin yang cukup kencang. Atau bahkan bisa saja posisi antena berubah karena berat antena itu sendiri, misalnya arah antena jadi turun beberapa milimeter. Jangan salah, walau hanya turun atau bergeser beberapa milimeter saja, hal ini dapat membuat arah antena tidak tepat ke satelit yang dituju, akibatnya sinyal yang diterima menjadi tidak maksimal dan bisa saja hilang.

4. Lokasi pemasangan antena parabola yang salah

Pa saat antena parabola dipasang, harus juga memperhatikan kemungkinan perubahan lingkungan sekitar tempat pemasangan dalam beberapa tahun kedepan. Misalnya saja, memasang parabola di dekat pohon yang cepat tumbuh rindang. walaupun pada saat parabola tersebut dipasang, posisi pohon masih belum menutupi antena parabola, bisa saja beberapa bulan kedepan pohon tersebut tumbuh dengan cepat dan dahan dahan mulai memanjang dan menutupi sebagian arah antena parabola.

Jika dahan tersebut goyang terkena angin, biasanya sering menyebabkan sinyal parabola hilang timbul, baik siang ataupun malam hari. Jika dibiarkan maka arah antena parabola ke satelit dapat tertutup seluruhnya.

 

Cara Mengatasi Sinyal Parabola Hilang Timbul pada Siang atau Malam Hari

Dengan beberapa uraian masalah penyebab sinyal hilang dan timbul yang sudah kita bahas sebelumnya, ada beberapa langkah yang dapat kita lakukan untuk mengatasi hal tersebut. Langkah langkah yang kita lakukan disini merupakan langkah awal dan mudah yang dapat dilakukan dari sisi pelanggan daripada langsung memanggil teknisi untuk melakukan perbaikan. Berikut cara cara mengatasi sinyal parabola yang hilang timbul :

1. Periksa antena parabola dan lokasi sekitar

Silahkan cek antena parabola anda, seharusnya arah antena ke satelit tidak tertutup apapun, demikian juga dengan LNB yang terpasang di antena parabola. Jangan sampai ada ranting, dahan, daun atau mungkin layang layang yang menutupi antena parabola. Perhatikan juga misalnya parabola tertutup pohon yang tinggi menjulang seperti pohon kelapa.

Jika antena tertutup dahan atau ranting bisa diatasi dengan memangkas dahan, ranting dan daun tersebut. Namun jika kiranya tidak lama lagi pohon tersebut segera menutupi antena parabola lagi, maka dapat di pertimbangkan solusi yang tepat, antara memotong pohon tersebut dari bawah, atau memindahkan antena parabola yang jauh dari pohon tersebut.

2. Mengecek baut baut antena

Ketika anda melakukan hal nomor satu diatas, perhatikan juga kondisi antena parabola itu sendiri, apakah ada yang aneh? Umpamanya Antena jadi miring, atau bautnya kendor dan menyebabkan antena jadi turun / menunduk. Bisa jadi juga antena pernah terkena angin kencang atau tersenggol ketika memperbaiki sesuatu di dekat antena parabola tersebut.

Jika hal ini terjadi, anda harus memperbaiki posisi antena dengan tetap memperhatikan kualitas sinyal, agar ketika baut dipasang dengan kencang, kualitas sinyal sudah pada posisi yang maksimal. Cek juga bracket LNB, apakah LNB nya terpasang dengan kencang dan arah kabelnya masih horizontal seperti pertama kali terpasang.

3. Mengecek konektor Kabel

Konektor kabel menjadi hal yang krusial dalam pemasangan antena parabola. Cek dan pastikan konektor terpasang dengan baik dan kencang juga. Kemudian pastikan antara Inner tembaga dan serabut terisolasi dengan baik, jika sampai short, biasanya LNB akan langsung rusak dan mati.

Cek juga jangan sampai ada kerak atau kotoran pada konektor agar tidak mengakibatkan konslet. Pasangkan silikon atau isolator pelindung pada konektor LNB, kemudian bungkus dengan isolasi listrik yang berwarna hitam. Hal ini bertujuan untuk mencegah masuknya air dan hewan hewan kecil ke dalam konektor LNB.

4. Ganti LNB atau Receiver Parabola

Untuk penggantian LNB atau receiver sebaiknya tidak perlu buru buru dilakukan, kecuali jika anda sudah dapat memastikan bahwa LNB atau Receiver Parabolanya yang rusak. Harga LNB sendiri berkisar sekitar 30-40 ribuan sedangkan receiver parabola sekitar 150 - 180 ribuan untuk receiver non rekomendasi dan sekitar 300-350 ribuan untuk receiver rekomendasi.

Anda bisa juga mempertimbangkan untuk berkonsultasi tanya jawab di website ini, atau memanggil teknisi parabola jika gangguan ini terus terjadi setelah langkah langkah tersebut diatas anda lakukan. Semoga apa yang kita bahas kali ini dapat menyelesaikan masalah yang disebabkan karena sinyal parabola hilang timbul pada siang atau malam hari pada perangkat antena parabola anda. Salam

No comments:

Post a Comment