Info Parabola tv satelit

Informasi Parabola Tv Satelit Digital di Indonesia

Cara Memilih Paket Parabola Mini Terbaik

Seperti yang sudah di perkirakan sebelumnya, akhirnya Ninmedia mengakhiri siaran setelah kurang lebih 7 tahun mengudara. Tentunya hal ini berdampak besar bagi para pengguna parabola mini, sebabnya cukup banyak masyarakat yang menggunakan ninmedia sebagai alternatif untuk menonton siaran Televisi secara Free To Air tanpa harus membayar iuran bulanan.


Lalu bagaimana dengan ex-pengguna Ninmedia di tanah air setelah tayangan ninmedia berakhir ? Sebagian dari pemirsa setia ninmedia tersebut mulai mengarahkan parabola mininya ke satelit yang lain, baik di arahkan sendiri maupun mendatangkan teknisi untuk repointing. Repointing sendiri gampang gampang susah, gampang bagi yang sudah pernah dan mengetahui cara dan setting receivernya namun terasa sulit bagi yang masih awam dengan dunia parabola. 


Cara Memilih paket parabola mini terbaik
Cara Memilih paket parabola mini terbaik

Satelit mana saja yang menyiarkan paket siaran gratis tanpa membayar, kemudian provider tv satelit mana saja yang harus berlangganan, lalu Receiver Parabola merk apa yang harus dibeli untuk menyaksikan siaran Free To View ? Saat ini memang ada beberapa jenis layanan televisi satelit yang ada di indonesia, tinggal bagaimana memilih tayangan mana yang cocok sesuai dengan keinginan anda. Beberapa jenis layanan tersebut adalah :


1. Paket Siaran Parabola Mini Gratis tanpa berlangganan.


Untuk paket siaran ini memang benar benar gratis, tanpa berlangganan sepeserpun dan tanpa harus membeli Receiver baru. Hanya saja biasanya memang chanel yang ada cukup terbatas. Siaran siaran dari MNC Grup dan Emtek grup hampir pasti tidak ada, namun digantikan dengan chanel seperti TV Nusantara, TVMU, Jak Tv dan lain lain tergantung dari masing masing provider.


Yang termasuk dalam kategori Paket siaran parabola mini gratis tanpa iuran ini diantaranya adalah :


a. AORA TV


AORA TV ternyata masih eksis, hanya saja sudah tidak menyiarkan siaran tv berlangganan seperti dulu. Satelitnya pun sudah berganti, bukan yang dulu lagi. Saat ini AORA Tv dapat disaksikan pada Transponder 11686 V 6666 pada satelit Thaicom 4. Satelit thaicom 4 ini terletak pada 119,3 derajat bujur timur atau tepat di sebelah utara kota Donggala, Sulawesi tengah. 


Saat ini AORA Tv mengudara dengan kualitas siaran SD ( Standart Definition ), cakupan sinyal dari satelit Thaicom 4 ini juga meliputi seluruh indonesia, jadibisa di cari dari mana saja sepanjang tidak terhalang. Ada sekitar 13 chanel Tv Nasional yang menghuni AORA TV saat ini. Chanel chanel tersebut diantaranya Jak TV, Trans TV, TV One, Rajawali Tv, NET, Trans7, ANTV, Kompas TV, Metro Tv, TVRI Nasional, Hidup TV dan Macau Lotus TV serta Da Ai TV Indonesia.


b. Garmedia / K Vision FTA


Garmedia / K Vision sendiri dibagi menjadi dua, yaitu yang FTA dan yang berlangganan. Untuk yang FTA, siaran dapat disaksikan secara gratis tanpa membeli receiver baru, namun untuk siaran premiumnya hanya dapat disaksikan melalui Receiver K Vision serta isi ulang voucer K Vision.


Garmedia berada pada Transponder 12436 H 31000, pada satelit Measat 3A dengan lokasi 91.5 derajat bujur timur, atau kira kira diatas perairan sebelah barat pulau sumatera. Pancaran Beam pada transponder Garmedia / K Vision FTA tersebut juga dapat dinikmati dari seluruh wilayah Indonesia. 


Chanel chanel yang ada di Garmedia / K Vision FTA antara lain Trans Tv, Trans 7, ANTV, Rajawali TV, Kompas TV, Metro TV, TV One, TVRI Nasional, JTV, Bali Tv, Da AI TV Indonesia, Reformed TV, TV MU, TV Nusantara, Quran TV, Dan MNC Shop. Kurang lebih sama dengan AORA TV, namun kualitas siaran sudah lebih jenih daripada AORA TV.


c. TiviPlus

Cara Memilih paket parabola mini terbaik
Cara Memilih paket parabola mini terbaik

Banyak yang bilang TiviPlus ini adalah pengganti dari Ninmedia, ya ga ada salahnya juga sih disebut demikian. Konsep yang diusung oleh Tiviplus juga mirip dengan Ninmedia dulu. Tivi plus menyiarkan kurang lebih 88 chanel dimana diantaranya 10 diantaranya hanya bisa dibuka dengan receiver rekomendasi dan 13 chanel yang dapat di buka dengan top up voucher seperti K Vision.


Jangan khawatir, jika anda menggunakan receiver biasa anda masih dapat menyaksikan sekitar 65 chanel, yup luar biasa banyak untuk sebuah paket siaran parabola mini tanpa iuran bulanan saat ini. Semua chanel yang ada di Garmedia / K Vision FTA dan AORA TV, ada semua di TiviPlus, ditambah chanel chanel seperti My Cinema mandarin, Citra Entertainment, Spacetoon Indonesia, Dangdut Tv, Pop Music, Maleo, FTV, Nu Chanek dan masih banyak lagi.


TiviPlus berada pada transponder 12655 V 45000 di satelit Asiasat 9 dengan lokasi 122 derajat Bujur timur, atau tepat diatas teluk Tomini sulawesi tengah. Beam Transponder TiviPlus ini juga dapat di lock dari seluruh wilayah Indonesia, posisinya juga lumayan di tengah indonesia sehingga antena tidak terlalu menunduk jika di tracking dari ujung indonesia sekalipun. 


Hanya saja untuk menemukan satelit ini agak lumayan sulit bagi pemula yang belum berpengalaman. Untuk menemukan satelit ini anda dapat menggunakan alat bantu Satfinder, atau singgah dulu disatelit Telkom 3S ataupun Thaicom 4 baru kemudian di geser perlahan lahan ke arah timur ke satelit Asiasat 9. 


2. Paket Siaran Parabola Mini dengan Receiver Rekomendasi


Sesuai dengan namanya, anda harus membeli receiver rekomendasi dari masing masing provider. Harga receiver rekomendasi ini juga bervariatif antara 300-350 ribuan/pcs , jelas lebih mahal daripada receiver biasa yang cuma 150-180 ribuan/pcs. Jangan khawatir, anda masih dapat menggunakan antena parabola mini lama anda tanpa harus membeli yang baru.


Sebagai catatan, receiver rekomendasi hanya sebagai alat untuk membuka tayangan Free To View yang biasanya berisi chanel Nasional dan beberapa chanel tambahan. Untuk menyaksikan chanel premium, anda tetap harus top up voucher.


Yang termasuk paket siaran parabola mini dengan receiver rekomendasi antara lain :

a. Matrix Garuda


Siapa yang tidak kenal dengan Matrix, Merk Matrix ini sudah ada dari jaman dahulu dan selalu mengeluarkan produk produk Receiver Parabola berbagai Seri, LNB, Kabel Coaxial serta Dish Parabola Mini. Untuk Matrix Garuda menggunakan parabola mini dapat anda lock di transponder 11101 V 45000 yang ada di satelit SES 9. Satelit SES 9 sendiri berada di atas perairan sebelah barat kota Pontianak.


Matrix Garuda dijual dengan harga sekitar 350-390 ribu di Shoppe, sebenarnya ada beberapa varian Receiver Parabola Matrix Garuda yang beredar, namun Chanel chanel yang ada didalamnya sama saja. Tou Up Voucher Paket Matrix Garuda mulai dari 29 - 159 ribu perbulan. Ada juga paket khusus Mola 99 ribu perbulan bagi pecinta Liga Inggris yang ingin selalu menyaksikan tim kesayangan berlaga tiap minggunya.


b. Nex Parabola


Nex Parabola sebenarnya hampir mirip dengan Matrix Garuda. Nex parabola juga berada di satelit SES 9 ( sama dengan Matrix Garuda ) dengan transponder 11921 V 45000. Daftar paket top up voucher langganan pun sama dengan Matrix Garuda. Hanya saja di Nex Garuda terasa lebih lengkap karena hadirnya MNC Grup termasuk RCTI. MNC Grup dapat disaksikan tanpa harus membayar iuran perbulan.


Receiver Nex Parabola sendiri dijual dengan harga 280 ribuan di marketplace shoppe, lebih murah dari Matrix Garuda. Mola TV yang mempunyai hak siar liga inggris juga hadir di Nex Parabola dengan biaya top up berlangganan sebesar 99 ribu / bulan.


c. SMV TV / SmartVision


SMV TV ini sudah lama ada namun terkesan adem ayem saja. Receiver rekomendasi yang digunakan oleh SMV TV yaitu receiver MMP Raja Ampat yang dijual dengan harga 500ribuan. Agak berbeda dengan paket provider yang lain, dengan membeli receiver raja ampat saja, anda sudah dapat menikmati semua chanel yang ada di SMV TV.


Kurang lebih ada sekitar 63 Chanel yang berisi TV Lokal dan Tv Luar negeri. Tidak ada HBO, Nat Geo, Fox, Mola, Discovery dll yang termasuk chanel premium disini, karena memang tidak ada top up voucher untuk chanel premiumnya. SMV TV berada di satelit ABS-2A dengan transponder 12290 V 44000. Satelit ABS-2A berlokasi di 75 derajat bujur timur atau di sebelah selatan negara India.


Sangat jauh menang dibandingkan dengan provider yang lain, namun jangkauan pancaran sinyalnya meliputi seluruh Indonesia, hanya saja yang berlokasi di indonesia timur mungkin agak kesulitan, karena posisi antena terlalu menunduk ke arah barat.


3. Paket Siaran Parabola Mini Berlangganan


Untuk paket siaran parabola berlangganan dengan iuran tetap setiap bulan ini, hanya ada Transvision dan MNC Vision. AORA TV, Centrin TV, Big TV semua sudah tumbang. MNC Vision dan Transvision masih bertahan karena didukung backbone yang kuat. MNC Vision merupakan transformasi dari Indovision, siapa yang tak kenal indovision, pelopor tv berbayar di indonesia yang masih eksis sampai saat ini.


Sedangkan TransVision sendiri dulunya dari TelkomVision, anak cabang dari Telkom Grup. Kemudian setelah berpindah tangan ke Trans, berganti nama menjadi TransVision, satu grup dengan Trans Tv, Trans7, CNN Indonesia dan CNBC Indonesia. Mari kita bahas satu persatu anatara Indovision dan TransVision.


a. MNC Vision


MNC Vision berada di satelit SES7 yang mengudara pada 108.2 derajat bujur timur, sama dengan SES 9 ( sama dengan Nex Parabola dan Matrix Garuda arahnya ). Hanya saja Indovision menggunakan LNB S Band, satu satunya provider Parabola Tv Satelit yang menggunakan Frekuensi S Band.


Untuk saat ini ada dua paket yaitu Paket Vision Starter yang tersusun dari 50 Chanel unggulan dengan biaya langganan sebesar 800 ribu per 6 bulan atau 900 ribu per 12 bulan, hanya selisih sseratus ribu saja untuk 6 dan 12 bulan.


Kemudian ada Paket Vision Family dengan 56 chanel unggulan ditambah 5 Chanel HD dengan biaya berlangganan sebesar 950 ribu untuk periode 6 bulan dan 1,1 juta untuk periode 12 bulan. Untuk saat ini seluruh pemasangan pelanggan baru menggunakan sistem jual putus, dimana kita harus membeli perangkat antena dan receiver indovision, padahal dulu sistem yang digunakan adalah pinjam pakai seperti kebanyakan provider.


b. Transvision


Transvision Ku band bernaung di satelit Measat 3B di 91.5 derajat bujur timur, atau diatas perairan sebelah barat pulau sumatra.pilihan paket dari transvision sendiri lebih beragam menurut saya, diantaranya sebagai berikut :


- Paket Gold  dengan 25 chanel HD dan 50 chanel SD seharga 139 ribu perbulan

- Paket Platinum dengan 35 Chanel HD dan 60 Chanel SD seharga 199 ribu perbulan

- Paket Diamond dengan 40 Chanel HD dan 60 Chanel SD seharga 299ribu perbulan

- Paket Nomat 6 Bulan hanya 420 ribu rupiah mendapat 50 chanel ( termasuk 15 chanel premium pilihan sendiri )

- Paket Nomat 12 Bulan hanya 750 ribu rupiah mendapat 50 chanel ( termasuk 15 chanel premium pilihan sendiri )


Di transvivion ga ada HBO Grup ya, adanya Fox Grup. MNC Grup  juga ada di Transvision, ada juga paket tambahan sport dari Fox sport dengan membayar 50 ribu untuk 3 chanel.


Cara Memilih Paket Parabola Mini Terbaik


Dari beberapa tipe paket parabola mini diatas, hendaknya anda bijaksana dalam memilihnya. Apakah anda lebih memilih paket parabola mini yang tanpa membayar iuran perbulan, atau anda menginginkan siaran premium sebagai alternatif hiburan. Jika anda bingung, beberapa hal berikut bisa menjadi pertimbangan anda untuk memilih dengan tepat, mana yang sesuai dengan kebutuhan anda :


1. Perangkat yang sudah ada


Jika anda hanya akan memanfaatkan perangkat yang sudah ada dirumah  dan tidak berkeinginan membeli perangkat baru, maka TiviPlus, Garmedia / K Vision FTA dan Aora Tv jadi alternatif terbaik. Jika sebelumnya anda pelanggan Ninmedia, ketiga paket yang saya sebutkan diatas adalah pilihan yang tepat sesuai dengan kebutuhan anda.


2. Siaran SepakBola Liga Inggris


Bagi penggemar Liga Inggris, Musim ini Hak siar masih dipegang oleh Mola Tv. Jika musim lalu Mola bekerja sama dengan TVRI, maka musim 2020-2021 ini Mola TV bekerja sama dengan NET Tv untuk menyiarkan siaran Liga Inggris secara FTA di Indonesia. Hanya saja pertandingan pertandingan yang disiarkan di NET cukup terbatas, hanya 2-3 pertandingan per pekan, dan kebanyakan hanya tim papan tengah yang disiarkan.


Untuk itu anda perlu berlangganan Nex Parabola atau Matrix Garuda agar bisa menyaksikan pertandingan liga inggris lebih komplit melalui beberapa chanel Mola Tv pada paket parabola mini dengan receiver rekomendasi.


3. Siaran FTA Lengkap tanpa berlangganan ( termasuk MNC Grup )


Saat ini MNC Grup tidak bisa disaksikan secara Real FTA baik melalui parabola Mini maupun parabola Jaring. Namun hal ini dapat di akali dengan membeli receiver Nex Parabola. Biasanya pada paket pembelian Nex Parabola, pelanggan akan mendapatkan gratis All chanel selama satu sampai dua bulan, setelahnya pelanggan hanya akan mendapatkan siaran FTA saja dan opsi top up voucher bagi yang menginginkan.


Nah beruntungnya, MNC Grup tetap dapat disaksikan dengan Receiver Nex Parabola meskipun anda tidak melakukan top up voucher paket premium.


Saya kira artikel ini sudah cukup panjang, dan sudah lumayan banyak yang saya bahas mengenai pertimbangan pemilihan parabola mini dan paket tv berlangganan yang sesuai dengan kebutuhan anda. Semoga setelah membaca artikel ini anda mendapatkan apa yang anda cari dan menemukan paket yang anda inginkan, semoga bermanfaat, Salam.

No comments:

Post a Comment