Info Parabola tv satelit

Informasi Parabola Tv Satelit Digital di Indonesia

Resmi : TiviPlus Pengganti Ninmedia ? Simak Ulasan Lengkapnya

Beberapa hari yang lalu kita diramaikan dengan menghilangnya Sinyal Ninmedia dari satelit Chinasat 11. Hampir bersamaan dengan hal itu, munculah Tiviplus yang digadang gadang sebagai pengganti ninmedia, apakah benar demikian ?

Tanda tanda ambruknya ninmedia sebenarnya sudah terendus sejak Bulan Mei lalu dimana salah satu transpondernya hilang, namun dalam hal ini, rilis informasi dari ninmedia melalui berbagai media sosial, terkesan seperti kesalahan atau kerusakan pada pihak Satelit Chinasat yang menurut admin adalah janggal.

Sebagaimana pernah kami bahas sebelumnya dalam beberapa artikel berikut :

Disana sudah admin singgung mengenai kemungkinan berakhirnya eksistensi Ninmedia yang diawali dari hilangnya salah satu Transponder tersebut. Seperti tanda tanda ambruknya Centrin TV yang dimulai dari hilangnya Disney Chanel karena tidak dapat membayar lagi chanel tersebut. Jadi ada kemungkinan Ninmedia tidak memperpanjang sewa transponder Satelit Chinasat 11 lagi sehingga signal transponder tersebut di matikan.

Transponder tiviplus
Permasalahan Ninmedia

Ditambah lagi kasus yang pernah menimpa Ninmedia dikarenakan menyiarkan MNC Grup secara FTA tanpa ijin dari pihak MNC Grup sehingga Direktur Ninmedia divonis bersalah oleh Pengadilan Negeri Jakarta Barat dan dijatuhi hukuman penjara 2 tahun pada awal april 2020. Korespondensi berita ini dapat dilihat pada tautan link berikut :

Update terakhir mengenai kasus itu, dari pihak ninmedia mengajukan banding dan proses banding diterima, sampai saat ini admin sendiri belum mengetahui keputusan banding pada tingkat selanjutnya.

Lalu apakah benar Tivi Plus Sebagai Pengganti Ninmedia ?

Pernyataan bahwa Tiviplus adalah pengganti resmi Ninmedia belum dapat kami konfirmasi sepenuhnya apakah berita tersebut benar adanya atau hanya karena waktu munculnya Tiviplus berdekatan dengan tenggelamnya Ninmedia.

Tiviplus sendiri berada di Satelit Asiasat 9 yang menempati 122 derajat Bujur Timur, sekitar diatas kota Luwuk provinsi Sulawesi Tengah. Ada dua transponder yang akan digunakan oleh Tiviplus, yaitu 12655 V 45000 dan Transponder 12415 V 45000. Jangan lupa setingan LNB nya 9750-10600 dikarenakan TiviPlus menggunakan frekuensi Ku Band.

Lokasi Satelit Measat 3A, Ninmedia dan Tiviplus

Karena posisi Satelit Asiasat 9 agak jauh dari Ninmedia maupun Measat 3A, jadi ada kemungkinan rekan rekan ada yang mengalami kesulitan untuk tracking satelit ini. Ada baiknya menggunakan satfinder untuk menentukan arah ke satelit ketika sedang melakukan tracking agar lebih cepat menemukan sinyalnya.

Bagi rekan rekan rekan pemula, petunjuk penggunaan Satfinder dapat dibaca pada tautan link berikut :

Kemudian dasar dasar dalam menentukan arah antena parabola ke satelit dapat di lihat pada link berikut :

Agar lebih mudah dalam mencari, ada baiknya anda tracking Thaicom 4 terlebih dahulu. Thaicom 4 ( 119 BT ) ini dulunya berisi FTA dari TV berbayar AORA TV yang saat ini sudah di gembok, namun sinyalnya masih besar dan cukup dekat dengan asiasat 9. Satelit Thaicom 4 ini berada tepat diatas kota palu dan transponder terkuatnya adalah 11686 V 6666.

Setelah anda mendapatkan Transponder AORA TV 11686 V 6666 pada satelit Thaicom 4 tersebut, kemudian ganti dengan setingan satelit Asiasat 9 dengan transponder 12655 V 45000. Geser pelan pelan parabola mini rekan rekan sambil perhatikan Signal bar yang ada di layar monitor. Jika sudah dapat signal, kencangkan pelan pelan serta geser sedikit demi sedikit untuk mendapatkan signal yang paling besar.

Berikut tampilan jika anda sudah mendapatkan signal maksimal dari Tiviplus dengan transponder 12655 V 45000 :
 
Signal Maksimal TiviPlus

Setelah anda mendapatkan signal maksimal, silahkan Blind scan satelit asiasat 9 tersebut untuk mendapatkan transponder transponder lain serta chanel chanel yang ada didalamnya. Penasaran dong apa aja chanel yang didapat di Tiviplus ini?

Update Transponder dan Chanel Tiviplus dapat anda simak pada artikel berikut ini :
Transponder dan Chanel Terbaru Tiviplus 2020
Selamat bertracking ria, dan semoga gampang menemukan Tiviplus di Satelit Asiasat 9 tersebut, Salam.

No comments:

Post a Comment