Info Parabola tv satelit

Informasi Parabola Tv Satelit Digital di Indonesia

Skema Power Supply Receiver Parabola Venus dan Matrix

Skema Power Supply Receiver Parabola Venus dan Matrix. Beberapa waktu yang lalu kita pernah bersama sama membahas tentang cara mengatasi berbagai kerusakan receiver parabola, dari mulai Hang, Error serta Mati total. Salah satu sumber kerusakan yang utama adalah bagian power supply pada receiver parabola.


Untuk memudahkan penggantian power supply receiver parabola, saat ini ada beberapa receiver yang menempatkan receiver parabola diluar box receiver, seperti misalnya Receiver Diamond World Edisi Ninmedia, Receiver Gardiner Ottimo K Vision, Receiver K Vision Bromo C2000, Receiver LGSat Stars, Receiver TransVision Nusantara HD dan beberapa seri recever parabola yang lainnya.


Kerusakan pada power supply receiver parabola biasanya diakibatkan oleh kerusakan Elco yang menggembung, kebocoran transistor. Penyebabnya bisa bermacam macam, diantaranya konslet karena kemasukan air, tegangan listrik yang naik turun ataupun terkena sambaran petir.


Skema Power Supply Receiver Parabola Venus dan Matrix

Untuk dapat memperbaiki kerusakan Power Supply receiver parabola tentunya kita perlu mengetahui skema rangkaian elektronik power supply tersebut. Walaupun merk receiver parabola banyak dan beragam serinya, pada umumnya skema receiver parabola hampir mirip satu sama lain.


Skema Power Supply Receiver Parabola Venus dan Matrix


Sebagai Contoh skema Receiver Parabola, berikut adalah Skema Power Supply Receiver Parabola yang di ambil dari sumber : http://awipunna.blogspot.com .


Skema Power Supply Receiver Parabola Venus 

Sumber : http://awipunna.blogspot.com/2014/02/skema-power-suplai-receiver-venus.html

Skema Power Supply Receiver Parabola Venus dan Matrix


Skema Power Supply Receiver Parabola Matrix

Sumber : http://awipunna.blogspot.com/2020/04/skema-power-supply-dvb-matrix-garuda.html 

Skema Power Supply Receiver Parabola Venus dan Matrix


Cara Memperbaiki Power Supply Receiver Parabola


Untuk memperbaiki Power Supply Receiver parabola, anda perlu mempersiapkan beberapa peralatan sebagai berikut :


  1. 1. Obeng Plus 
  2. 2. Avometer / Multimeter
  3. 3. Soldir
  4. 4. Timah Soldir


Pertama tama buka casing Receiver parabola terlebih dahulu, pastikan kabel power sudah dilepas dari colokan listrik. Kemudian perhatikan PCB yang ada di dalam box Receiver, PCB Power Supply adalah PCB yang paling dekat dengan kabel power / kabel listrik. Selain itu didalam receiver terdapat juga PCB MPEG / Mainboard dan PCB Display Control, untuk sementara kita abaikan dulu PCB selain PCB Power Supplynya.


Perhatikan PCB Power Supply Receiver Parabola tersebut, apakah ada komponen yang secara fisik telah rusak. Biasanya ada salah satu Elco yang menggembung atau bahkan meledak. Bisa juga ada komponen yang short atau patah kakinya, atau kabel menuju ke power supply dan menuju Mpeg ada yang lepas.


Ganti Elco atau transistor yang rusak secara fisik, perbaiki kabel yang putus jika ada. Jika tidak ada komponen yang rusak, coba lepas salah satu elco atau transistor yang ada, kemudian ukur dengan Multimeter / Avo Meter ( sudah tahu kan cara ngukurnya ).


Cek juga tegangan output dari power supply, cocokkan dengan angka yang tertera pada PCB Power supply Receiver Parabola tersebut. Jika tegangan masih tidak sama, ataupun sama sekali tidak ada tegangan yang keluar, berarti masih ada komponen yang bermasalah disana.


Setelah dilakukan pengecekan Elco dan transistor serta penggantian komponen yang rusak, cek kembali tegangan outputnya, jika sudah sesuai angkanya, pasang kembali output ke PCB MPEG dan PCB Display Controlnya. Perhatikan saat memasang kembali, jangan sampai salah dan tertukar karena akibatnya bisa fatal. Silahkan coba kembali hidupkan receiver parabola anda, Selamat saat ini Parabola anda sudah berhasil menyala kembali.


Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment