Cara Mengatasi Berbagai Kerusakan Receiver Parabola yang Error, Hang dan Mati Total

Cara Mengatasi Berbagai Kerusakan Receiver Parabola yang Error, Hang, dan Mati Total. Pernahkah receiver parabola sobat mengalami kerusakan ? Sebagai perangkat elektronika, receiver parabola memang bisa saja rusak sewaktu waktu.

Penggunaan yang tidak berlebihan, tegangan listrik yang stabil pada umumnya dapat memperpanjang umur receiver parabola sobat.


Cara Mengatasi Berbagai Kerusakan Receiver Parabola yang Error, Hang dan Mati Total

Untuk memperbaiki receiver yang tiba tiba tidak ada sinyal bisa di lihat pada artikel kami berikut :

* Cara Mengatasi Receiver Yang Tiba Tiba Tidak Ada Sinyal 

* Cara Memperkuat Sinyal Parabola yang Lemah

Penyebab Kerusakan Pada Receiver Parabola

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kerusakan pada receiver parabola anda, baik dari segi firmware maupun dari segi hardware.

Dari segi firmware kerusakan bisa terjadi pada saat upgrade software. Ada kemungkinan Software yang baru tidak cocok dengan hardware receiver parabola, bisa juga file firmware corrupt dan tidak bisa di load sempurna di receiver parabola. Bisa juga karena terdapat bug di firmware tersebut.

Dari sisi hardware banyak sekali yang bisa menjadi penyebab kerusakan pada receiver parabola sobat. Salah satu penyebab yang banyak di keluhkan oleh reken rekan adalah kerusakan receiver parabola di karenakan tersambar petir. Tegangan listrik rumah yang tidak stabil juga bisa menjadi penyebab receiver parabola anda rusak, terutama pada power supply receiver.


Cara Mengatasi Berbagai Kerusakan Receiver Parabola yang Error, Hang dan Mati Total

Hubungan singkat ( short / konslet ) pada kabel antena parabola juga dapat mengakibatkan receiver parabola dan LNB anda rusak. Bisa juga kerusakan diakibatkan karena receivernya terkena benturan, misalnya terjatuh, sehingga mengakibatkan ada jalur pcb yang retak atau kabel yang putus di dalam receiver.

Memperbaiki Kerusakan Receiver Parabola

Dari beberapa tingkat kerusakan receiver parabola, ada beberapa yang dapat kita perbaiki sendiri. Namun ada juga yang mengharuskan penggantian perangkat semisal IC Eeprom, Kapasitor, atau satu Blok Power Supply.

Yang kadang membuat kita ragu adalah ketersediaan part pengganti yang rusak tersebut. Kemudian harga part yang kita beli tersebut juga bisa jadi separuh harga dari receiver parabola kita yang rusak. Jika kita salah analisa, kita sudah membeli part pengganti, namun receiver parabola tetep saja masih rusak, ini yang menyakitkan.. hehe

Harga receiver parabola yang bukan receiver rekomendasi biasanya hanya berkisar antara 150 - 180 ribu, sedangkan receiver rekomendasi sekitar 300 - 400 ribu. Sedangkan harga satu blok power supply bermacam macam, sekitar 35 - 50 ribuan ( belum termasuk ongkir ). Jadi silahkan di pertimbangkan dulu apakah anda ingin memperbaiki receiver parabola anda yang rusak atau akan membeli receiver yang baru.


Cara Mengatasi Berbagai Kerusakan Receiver Parabola yang Error, Hang dan Mati Total

Jika anda memutuskan untuk membeli receiver yang baru, anda bisa menuju artikel kami sebelumnya tentang Harga harga receiver terbaru :

* Harga Receiver Terbaik

* Harga Parabola Matrix

Dan jika anda penasaran untuk memperbaiki receiver parabola anda yang rusak, dibawah ini akan kita bahas bersama sama beberapa kerusakan yang sering terjadi pada receiver parabola dan cara memperbaikinya.

Cara Memperbaiki Receiver Parabola yang Hang dan Error

Kebanyakan receiver yang hang atau error ini karena salah upgrade firmware, dengan kata lain firmware baru yang di masukkan ke receiver tidak cocok dengan receiver sobat. Cara memperbaikinya bisa dengan mengupgrade kembali dengan Firmware asli atau firmware yang kompatibel.

Cek dulu review review pengguna fimware tersebut sebelum anda menggunakanya. Usahakan mendapatkan upgrade firmware dari website resmi pabrikan receiver parabola, sehingga bisa dipastikan firmware tersebut bisa berfungsi dengan baik.



Penyebab hang dan error yang lain adalah receiver terlalu lama di nyalakan atau terlalu lama dalam posisi standby, cara memperbaikinya cukup dimatikan dan didiamkan dulu beberapa saat, baru kemudian dinyalakan kembali.

Jika masih error, bisa juga di reset kembali seperti semula, seperti saat anda membeli baru dengan menggunakan Menu Reset Factory atau Factory Reset atau Reset Pabrikan yang ada di dalam menu receiver. Untuk beberapa Receiver Parabola, bisa juga menggunakan tombol power dan menu yang di tekan bersama sama selama sekitar 5 sampai 10 detik.

Receiver dengan spesifikasi hardware biasa namun memiliki banyak fitur juga rawan error atau hang. Fitur fitur semisal iptv, youtube, layanan streaming, autoroll powervu, autoroll key membutuhkan banyak resource dari hardware receiver yang sayangnya dapat membuat receiver bekerja lebih keras dari seharusnya sehingga akhirnya menyebabkan hang dan error.

Solusinya ada dua, yaitu tidak menggunakan fitur fitur yang menyedot banyak resource seperti di sebutkan diatas, atau anda mengganti dengan receiver parabola yang lebih handal dan mumpuni dari segi hardware.

Sobat dapat membaca panduan cara memilih receiver terbaik pada artikel berikut :

* Tips Cara Memilih Receiver Parabola Terbaik

* Cara Memperbaiki Remote Parabola yang Rusak

Cara Memperbaiki Receiver Parabola Mati Total

Langkah pertama memperbaiki Receiver parabola yang mati total adalah dengan mengecek kabel yang terhubung dengan sumber listrik ( kabel power ) apakah terpasang dengan benar, apakah ada kabel yang terputus.

Jika aman, coba lepas kabel yang ke antena parabola, kemudian nyalakan receiver sobat. Jika receiver dapat menyala, berarti ada kabel Antena atau LNB yang short, silahkan di cek lebih lanjut. 

Jika receiver masih mati total silahkan matikan receiver dan buka casing receivernya. Perhatikan pada bagian Power supplynya ( yang dekat dengan kabel power ), apakah ada kapasitor yang menggelembung atau rusak secara fisik.

Jika ada, ganti kapasitor tersebut dengan nilai yang sesuai dengan aslinya. Cek juga apakah ada kabel yang terlepas atau jalur yang putus, jika ada bisa di sambung dan di solder ulang.

Cek juga tegangan keluaran dari power supply yang mengarah ke LNB dan Blok MPEG pada receiver parabola. Biasanya pada setiap power supply parabola terdapat output tegangan 3,3 V, 5 V, 7,5 V, kemudian 12 V, 15V, dan 20 V.

Kalau sudah dipastikan power supplynya yang rusak dan anda tidak tahu mana yang di ganti, cukup langsung saja belikan satu blok power supply yang baru yang sesuai, lalu pasang di box receiver.

Cara Memperbaiki Receiver Parabola yang Tidak Ada Gambarnya atau Tidak ada Suara

Biasanya jarang terjadi kerusakan perangkat receiver parabola pada kasus seperti ini. Coba cek kabel AV yang menghubungkan antara receiver parabola dengan Televisi sobat.

Koneksi video biasanya menggunakan kabel yang ujungnya berwarna kuning. sedangkan koneksi Audio menggunakan ujung berwarna putih dan merah.


Cara Mengatasi Berbagai Kerusakan Receiver Parabola yang Error, Hang dan Mati Total

Ada kemungkinan pemasangan kabelnya kendor atau terlepas. Coba juga untuk mengganti dengan kabel yang merah atau putih pada kedua ujungnya, hal ini untuk mengetahui apakah kabel dengan ujung berwarna kuning putus atau tidak.
  
Jika masih tetap tidak ada gambarnya, anda bisa mencoba mengganti kabel AV yang lain. Pindahkan juga koneksi dari AV 1 ke AV 2 ( biasanya terdapat dua port input AV pada televisi ). Bisa juga dengan cara menggunakan kabel HDMI sebagai pengganti kabel AV. Receiver parabola saat ini kebanyakan sudah support HDMI untuk menyajikan siaran FULL HD.

Sebenarnya masih banyak sekali kerusakan yang dapat terjadi pada receiver parabola sobat, namun sebagian besarnya sudah kita bahas bersama seperti rangkuman diatas. Untuk memperbaiki kerusakan pada remote parabola bisa di lihat pada artikel berikut :

* Cara Paling Mudah Memperbaiki Remote Parabola Yang Rusak

* Cara Setting Kode Joker Remote Receiver Parabola

Untuk kerusakan kerusakan receiver parabola yang lain, akan kita bahas bersama dalam artikel artikel mendatang. Jangan lupa like facebook fanspage kami, Like Twitter kami dan selalu nantikan artikel artikel terbaru dari kami. Terima kasih dan Semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »