Info Parabola tv satelit

Informasi Parabola Tv Satelit Digital di Indonesia

Bisakah Antena UHF Pakai Receiver Parabola atau Dekoder?

Bisakah Antena UHF Pakai Receiver Parabola? Pertanyaan ini beberapa kali muncul di kolom komentar blog siaransatelit.com ini. Agar rekan rekan mempunyai pemahaman yang sama dengan kami, maka kali ini akan kita bahas tentang Bisakah Antena UHF dipakai di receiver parabola ? atau Bisakah receiver Parabola memakai Antena UHF, dan tidak memakai parabola ?


 Sebelum anda terlanjur membeli receiver parabola dan antena UHF bersamaan ada baiknya kita pelajari dahulu dasar dasar teorinya. Atau misalnya anda memiliki Receiver parabola, menemukan receiver parabola, atau dikasih receiver parabola oleh teman atau saudara dan ingin memasangnya dirumah, pertanyaan tadi pasti muncul di benak anda. Bisakah Receiver Parabola memakai antena UHF ?

Bisakah Antena UHF Pakai Receiver Parabola atau Dekoder?

Pengertian Receiver Parabola


Seperti dikutip dari Wikipedia, Receiver parabola atau yang biasa disebut dekoder adalah perangkat teknologi informasi yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital yang diterima dari satelit ke bentuk format analog agar dapat ditampilkan ke layar televisi analog milik kita.


Cara Merubah Tv Tabung analog Menjadi TV Digital


Dekoder parabola berisi rangkaian elektronik yang memiliki RAM, Prosesor, Chip Mpeg2 dan Mpeg 4, Chip Audio, serta chip video, dan modul power supply. Rangkaian elektronik tersebut berfungsi untuk memproses data data digital menjadi data audio dan data video yang outputnya dapat di sambungkan ke televisi menggunakan Kabel AV ( merah putih kuning ) ataupun kabel HDMI.


Bisakah Antena UHF Pakai Receiver Parabola atau Dekoder?

Dekoder parabola juga memerlukan software tertentu untuk dapat bekerja dengan baik, software ini sudah di install ketika receiver parabola dijual ke masyarakat. Namun pihak produsen receiver parabola biasanya juga mengeluarkan update software untuk penambahan atau perubahan fitur dan atau fungsi suatu receiver parabola. Upgrade Software ini bisa di install sendiri oleh masyarakat menggunakan Flasdisk berisi software terbaru yang di pasang ( di colok ) ke port USB receiver parabola tersebut.


Cara Menangkap Siaran Tv Digital dengan Receiver Parabola


Kemudian pada beberapa dekoder memerlukan kartu akses yang terdapat chip didalamnya untuk mengakses siaran tv digital berbayar atau gratis penyedia layanan televisi satelit. Namun banyak juga dekoder yang dijual bebas di pasaran dengan yang dapat difungsikan untuk menonton siaran gratis, siaran berbayar maupun siaran free to view.


Ada banyak sekali dekoder parabola yang beredar saat ini, dari mulai merk venus, matrix, skybox, tanaka, getmecom, optus, manhattan, goldstar, lgsat, skynindo, mmp, gardiner dan beberapa merk lainnya. Jadi sekali lagi Receiver Parabola atau Dekoder adalah perangkat yang berfungsi memproses sinyal digital dari satelit menjadi sinyal audio dan video analog untuk di tampilkan di layar televisi.


Pengertian Antena UHF


Siapa sih yang tidak tahu antena UHF ? Kita semua pasti mengetahui fungsi dan bentuknya. Antena UHF biasanya dipasang pada pesawat televisi untuk menangkap sinyal analog terestrial, atau gampangnya sinyal dari stasiun pemancar televisi terdekat. Stasiun pemancar televisi ini biasanya lokasinya berada di atas bukit agar sinyal yang dipancarkan dapat diterima masyarakat lebih luas, misalnya di Bukit Patuk Yogyakarta dan Bukit Tembalang Semarang.


TV Digital Hadir, Bagaimana Nasib Pengguna Parabola ?


Nah benar sekali, sinyal yang ditransmisikan oleh stasiun pemancar televisi masih berupa sinyal analog yang kemudian di proses oleh Tuner Tv untuk di ubah menjadi audio video yang dapat ditampilkan oleh pesawat televisi.

Bisakah Antena UHF Pakai Receiver Parabola atau Dekoder?

Saat ini sudah banyak perangkat televisi yang dapat menangkap siaran televisi digital yang dipancarkan dari stasiun pemancar televisi, namun jumlahnya belum banyak dan belum merata se Indonesia, belum sebanyak siaran televisi analog. Perangkat televisi digital harus dipasaangkan dengan antena Tv digital juga. Namun antena Tv Digital tersebut masih dapat menangkap siaran televisi analog UHF. Berkebalikan dengan Antena UHF yang hanya dapat menangkap siaran Analog UHF saja, tanpa dapat menangkap siaran Tv Digital.


Di negara kita sendiri, proses ASO ( Analog Switch OFF ) akan dilakukan pada akhir tahun 2021, sehingga nantinya semua akan berganti menjadi televisi digital. Frekuensi yang tadinya digunakan oleh siaran televisi Analog UHF akan digunakan untuk pengembangan jaringan komunikasi 5G yang rencananya mulai di aplikasikan pada tahun 2024 di beberapa kota di indonesia.


Jadi Bisakah Antena UHF dipasang di Receiver Parabola atau Dekoder ?


Berdasarkan uraian diatas, jawabanya adalah tidak bisa. Antena UHF seharusnya dipasangkan pada pesawat televisi dan Receiver parabola atau Dekoder harus dipasangkan dengan parabola, baik parabola mini maupun parabola jaring. Semoga uraian kita ini dapat menjawab pertanyaan rekan rekan semua bahwa Antena UHF tidak dapat dipasangkan dengan Receiver Parabola dan Receiver Parabola tidak bisa dipasangi antena UHF.


Semoga dengan artikel ini rasa penasaran rekan rekan dapat terjawab dan menjadi referensi dalam jawaban dari pertanyaan Dapatkan Anten a UHF dipasang di Receiver Parabola atau Dekoder ? Semoga bermanfaat.


1 comment: