Info Parabola TV Digital

Informasi Parabola Tv Satelit Digital di Indonesia

Cara Mengetahui Tv Digital atau Analog

Dalam masa persiapan peralihan tv analog ke tv digital, banyak masyarakat yang masih awam, apakah televisi yang dimiliki saat ini sudah mendukung penerimaan siaran tv digital atau belum. Pasalnya jika televisi yang digunakan saat ini belum dapat menerima siaran televisi digital perlu menggunakan Set Top Box Tambahan untuk dapat menyaksikan siaran televisi mulai 22 November 2022.


Perlu admin sampaikan kembali bahwa TV Digital ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan Parabola TV. Tv Digital juga dapat disaksikan dengan gratis tanpa iuran berlangganan. Tv digital juga dapat disaksikan dengan antena televisi biasa.

 

Cara Mengetahui Tv Digital atau Analog



Untuk lebih memudahkan sobat satelit dalam mengidentifikasi televisi yang dimiliki, pada artikel kali ini akan kita bahas lebh dalam bagaimana cara mengetahui televisi kita termasuk tv analog atau tv digital.


Ciri ciri Tv Digital


Yang pertama kita bahas dulu Ciri ciri Tv Digital. Apasaja sih ciri ciri Tv Digital? TV digital mempunyai kualitas siaran SD ( Standart Definition ), bahkan ada beberapa chanel yang sudah HD ( High Definition ). Kemudian pada televisi digital sama sekali tidak akan ditemukan gangguan seperti tv semutan dan tv berbayang.


Tayangan tv digital benar benar jernih, seperti ketika kita sedang menonton DVD Player. Jika kita berada di ujung jangkauan sinyal transmisi tv digital, tayangan televisi juga tidak akan semutan atau berbayang namun siaran televisi akan putus putus seperti dvd rusak.


Yaang jelas TV yang masih berbentuk tabung memerlukan tambahan Set Top Box untuk dapat menyaksikan siaran televisi digital, Namun untuk Tv LED juga belum semua mendung Tuner DVB T2 Tv digital, harus dilakukan pengecekan lebih lanjut.


Cara Mengetahui Tv Digital atau Analog


1. Cek Kardus Tv atau Spesifikasi di belakang TV


Jika sobat satelit menemukan spesifikasi yang menyebutkan keterangan Digital Ready, DTV Ready, Digital Tuner, Digital Built In Tuner, Tuner Tv Digital, DVBT2, atau DVB T2 maka dapat dipastikan televisi sobat sudah dapat menerima siaran tv digital.


2. Cek Spesifikasi Manual


Bila saja di belakang televisi sobat tidak menemukan keterangan tersebut, sobat dapat mengecek dalam buku panduan manual, atau mencari tahu spesifikasi dan ability untuk menangkap siaran tv digital melalui website resmi pabrikan televisi sobat. Jangan lupa sertakan merk dan seri perangkat televisi saat melakukan penelusuran.


3. Cek Chanel yang sudah ada atau Program Ulang


Coba cek keseluruhan chanel yang sudah ada, jika ada chanel Mentari Tv, Nusantara TV atau TVRI World, TVRI Sport atau salah satunya saja, maka dapat dipastikan televisi sobat sudah mendukung siaran Tv Digital.


Jika sobat tidak menemukan salah satunya, coba di Program ulang Televisinya, hal ini untuk menangkap chanel chanel baru yang sebelumnya tidak tertangkap. Biasanya pada saat program ulang televisi, terdapat keterangan berapa siaran Analog yang didapat, Berapa Siaran Digital ( DTV ) yang di dapat.


4. Cek ke Website Resmi Kominfo


Yang terakhir, sobat dapat menuju ke link Website KOMINFO. Disini sobat dapat mengecek semua perangkat televisi yang sudah dapat menerima siaran televisi digital. Sobat harus pilih Kategori Televisi pada kolom paling kiri, kemudian pilih Merk pada kolom tengah dan pilih Model / Tye pada kolom paling kanan.


JIka Type televisi sobat ada di dalam daftar, maka televisi sobat dipastikan dapat menangkap siaran tv digital dengan antena biasa. Selain itu pada Website Kominfo diatas, sobat dapat mengecek juga Merk dan Type STB / Se Top Box TV digital yang sudah bersertifikasi Kominfo.


Nah begitulah cara mengetahui TV Digital atau Analog yang dapat dilakukan sobat sendiri dengan mudah. Namun jika sobat masih kesulitan mengidentifikasi televisi sobat, sobat dapat infokan merk dan type / model televisi yang dimiliki, akan admin bantu cek. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment