Cara Pasang LNB Ku Band Pada Dish Indovision

Cara Pasang LNB Ku Band di dish indovision sebenarnya mudah saja, hanya diperlukan sebuah plat besi tambahan, selain  tentunya LNB KU Band plus bracket tersebut ( diseqc optional ) . Kalau anda memiliki dish indovision bekas, dan ingin di gunakan untuk menangkap siaran ninmedia, tanpa repot repointing arah antenanya, disini akan kita bahas cara pasang LNB Ku Band pada dish Indovision. 

Berikut gambarnya cara pasang LNB Ku Band pada dish indovision  sebagai gambaran awal bagi rekan rekan sekalian.

www.siaransatelit.com

Lokasi Trial ini kami lakukan di jogja, namun harusnya berlaku sama di semua wilayah. sekalian update di sini ya yang udah nyoba dari luar jawa, gimana hasilnya. Biar rekan rekan dari luar daerah yang ingin mencoba, ada referensi lain juga.    


Yang pertama, silahkan siapkan besi yang akan di gunakan untuk menempelkan LNB Ku Band tersebut. Besi tersebut kami dapat dari lengan samping penguat tiang utama di dish indovision. Namun bisa di gantikan juga dengan besi lain yang ukuranya hampir sama. yang penting jangan terlalu tebal, agar mudah di lipat dan di lubangi untuk tempat baut.

Ada 2 ukuran yang saya pakai yang pertama, ukuran sekitar 12 - 15 cm, seperti garis yang warna kuning, plat ini di gunakan apabila anda menggunakan dish indovision asli yang pada ujung lnb nya agak melengkung. Kalau memakai plat yang ini, langsung saja di potong tidak usah di lipat. 


Ukuran plat yang ke dua adalah 50 CM di lipat seperti gambar di atas, sehingga posisi nya berdampingan antara LNB S Band Indovision dan LNB Ku Band NInmedia. Cara ini di gunakan apabila anda menggunakan dish big tv untuk memasang dish S Band indovision yang di tambahkan lnb ku band ninmedia. 

Yang kedua, lubangi plat tersebut dengan bor besi, atau bisa juga menggunakan paku sampai muat ukuran baut lnb s band indovision tersebut. 

Yang ketiga, rangkai seperti pada gambar tersebut di atas. Posisi LNB Ku Band ada di sebelah timur LNB S Band dengan jarak yang sangat dekat, hampir menempel. Jangan lupa posisikan LNB Ku Band berada diantara 180 dan 210 pada grid belakang LNB S Bandseperti pada gambar di bawah ini.

www.siaransatelit.com


Optional, Jika anda menggunakan FLY / CCAMD, anda memerlukan diseqc agar kedua lnb tersebut dapat di terima oleh satu receiver di rumah anda. MIsalnya dari LNB S Band indovision di pasang pada port 1 diseqc dan LNB Ku Band di pasang pada port 2. Pada receiver juga di setting demikian, satelit SES 7 di setting di diseqc port 1, kemudian Chinasat 11 di setting di port 2. 


Pastikan diseqc anda terlindung dari air hujan. Lokasi pemasangan yang paling aman untuk Diseqc adalah  di belakang dish. jangan lupa di berikan pelindung, dari potongan bekas air mineral misalnya. Kemarin soalnya saya ada pengalaman  diseqc saya terendam air yang mengakibatkan diseqc nya short, mati deh jadinya. Untung LNB S Band dan LNB KU Band nya ga ikutan mati. 

Berikut gambar lnb KU Band dan LNB S Band yang telah di pasang pada dish big tv. Owh iya, dengan cara ini anda tidak perlu tracking satelit lagi ya, posisi arah dish tetap seperti arah awalnya ke indovision. Mudah sekali bukan ?

 www.siaransatelit.com


Yuk langsung saja praktek cara pasang lnb ku band pada dish indovision dengan mengikuti tutorial di atas. Bagi yang masih bingung, silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar, kita belajar bersama sama. 
.
.
Previous
Next Post »