Cara Mencari Sinyal parabola Venus

Cara mencari sinyal parabola venus sebenarnya sangat mudah, sama seperti cara mencari sinyal parabola pada umumnya. Namun bagi anda yang belum mengetahuinya, disini akan kami bahas lengkap cara mencari dan menemukan sinyal parabola venus dengan tepat dan cepat. 

Sebelumnya, persiapkankan dulu peralatan tempurnya, yaitu Recever Venus, Parabola Venus baik yang jaring maupun parabola mini, kabel tracking, monitor tv atau satfinder juga bisa, baru kemudian kita mencari sinyal parabola venus.

Cara Mencari Sinyal Parabola Venus

Ada dua langkah yang harus dilakukan dalam mencari sinyal parabola venus, yang pertama yaitu cara setting receiver venus dan cara setting parabola venus. Mari langsung saja kita bahas satu persatu :

Baca Juga :

Cara Mencari Sinyal Parabola Goldsat 

Cara Menentukan Arah Parabola ke Satelit 

Cara Memprogram Parabola

1. Cara setting Parabola Venus

Secara garis besar ada dua jenis setingan receiver venus yang bisa di terapkan, yang pertama setingan mencari sinyal parabola venus dengan parabola mini di frekuensi KU Band, kemudian yang kedua setingan cara mencari sinyal parabola venus dengan parabola jaring di frekuensi C Band. 

Pada gambar di atas adalah gambar setingan receiver venus untuk parabola mini Ku Band, dengan keterangan sebagai berikut :

Cara Mencari Sinyal Parabola Venus

LNB Freq : Pilih pada Universal ( 9750 - 10600 )
Diseqc 1.0 : Port Diseqc yang di gunakan, Pilih disable jika tidak menggunakan Diseqc
Diseqc 1.1 : Disable
22K : Auto
LNB Daya : Auto
Pengaturan : Tidak Ada 

Kemudian setingan receiver venus untuk parabola jaring C Band dapat di lihat pada gambar di bawah ini :

Cara Mencari Sinyal Parabola Venus


Keterangan :

LNB Freq : 5150
Diseqc 1.0 : Port Diseqc yang di gunakan, Pilih disable jika tidak menggunakan Diseqc
Diseqc 1.1 : Disable
22K : OFF
LNB Daya : Auto
Pengaturan : Tidak Ada 

Untuk setingan transponder, gunakanlah transponder terkuat masing masing satelit. Hal ini tentunya akan memudahkan anda untuk mencari sinyal parabola venus, karena transponder terkuat biasanya sinyalnya merata se indonesia dan paling mudah di temukan. 

Transponder terkuat masing masing satelit sebenarnya  sudah pernah kita bahas dalam beberapa waktu yang lalu, silahkan kunjungi tautan di bawah ini untuk membaca artikel lengkap kami :

Baca Juga :

Daftar Transponder Parabola Terbaru 

Daftar Satelit Ku Band yang dapat di tracking dari Indonesia 

Daftar Frekuensi Terkuat Satelit C Band



2. Cara Setting Parabola Venus

Cara setting parabola Venus sebenarnya cukup mudah, Tinggal saja arahkan ke satelit yang di inginkan. Untuk pemasangan standart parabola jaring dengan 2 LNB, satelit yang di dapatkan adalah Palapa D dan Telkom 4 Merah Putih. 

Sedangkan untuk 4 LNB, Satelit yang di dapatkan adalah Palapa D, Telkom 4 Merah Putih, Asiasat 5 dan Asiasat 7.

Untuk parabola Mini, anda dapat menggunakan aplikasi Satfinder yang dapat mencari arah parabola ke satelit, untuk lebih jelasnya dapat dibaca pada artikel berikut :

Download Satfinder, Aplikasi Pencari Sinyal Parabola Satelit 

Sedangkan jika anda ingin mencari salah satu satelit tertentu, anda dapat menggunakan referensi yang pernah kami lakukan pada artikel berikut ini :

Cara Memperkuat Sinyal Parabola yang Lemah

Cara Memasang dan Mencari Sinyal Parabola



Previous
Next Post »