Cara Membuat dan Memasang Bracket LNB Ku Band Sederhana

Cara membuat dan memasang bracket LNB Ku Band sederhana. Setelah beberapa saat yang lalu kita membahas tentang bisskey dan review receiver, kali ini kita akan membahas tentang tips dan trik cara membuat dan memasang LNB Ku Band sederhana.

 membuat dan memasnag lnb ku band


Artikel ini kebetulan saya bahas karena kemarin ketika ada tetangga meminta di pasangkan ninmedia, tetapi tidak ada bracket LNB nya. Dish yang di gunakan adalah dish Matrix Big 60 cm. cara membuatnya pun sederhana sekali, kita hanya membutuhkan kabel ties / tie wrap dan besi siku rak ukuran 20 cm yang biasanya di pakai untuk memasang ambalan. 

Kenapa di pilih menggunakan rak siku ? karena rak ini mudah untuk di potong serta tidak sulit untuk di bengkokkan / di atur agar menyesuaikan posisi LNB Ku Band nya. Untuk mendapatkannya juga mudah, rak besi siku ini banyak di jual di toko toko material terdekat. 

Langkah pertama adalah potong rak besi siku tersebut di dekat siku nya sehingga kita mendapatkan plat dengan ukuran sekitar 18 cm. untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan pada gambar berikut :


 rak siku untuk braket lnb



Setelah selesai di potong, kemudian bentuklah seperti gambar berikut :

 rak siku untuk lnb
Lalu pasangkan ke dish matrix big menggunakan tie wrap seperti gambar berikut ini :

bracket ku band modif

Pada pemasangan ke parabola tersebut, tie wrap bisa di ganti menggunakan kawat, atau menggunakan baut, setelah sebelumnya di lubangi terlebih dahulu, tentu saja setelah di sesuaikan dengan lubang pada tiang lnb support. 

Posisikan agar fokus lnb berada pada tengah tengah dish matrix tersebut, agar mendapatkan signal yang maksimal. Nanti kalau sudah mendapatkan sinyal, bisa di atur sendiri apakah kurang kebawah atau kurang ke tengah fokusnya, agar sinyal semakin naik. 

Bagaimana, mudahkan cara membuat dan memasang bracket lnb ku band yang sederhana ini ? Jika ada yang masih belum paham, silahkan kita diskusikan di kolom komentar di bawah ini. Semoga bermanfaat. 
Latest
Previous
Next Post »