Cara Mudah Tracking Frekuensi dan Transponder Satelit Intelsat 19 Terbaru

Cara Mudah Tracking Frekuensi dan Transponder Satelit Intelsat 19 dengan dish venus solid 6 ft. Setelah beberapa minggu kemarin sibuk dengan project migrasi, akhirnya bisa kembali lagi kesini meluangkan waktu untuk menulis sepatah duapatah kata. Pada artikel artikel yang saya tulis sebelumnya masih berkaitan dengan chanel chanel di satelit intelsat 19, dan jika anda tertarik untuk tracking satelit intelsat 19 di ujung timur 160 derajat, mari kita sama sama belajar. 

Sekedar info saja sebelum kita mulai tracking, dikarenakan letak satelit intelsat 19 ini berada jauh di timur, maka tidak dapat di gabungkan dengan satelit palapa , telkom maupun asiasat 3 dan asiasat 7. satellit intelsat 19 sendiri berada di 160 derajat bujur timur dan satelit dengan frekuensi C Band terdekat adalah satelit Telstar 18 yang berada di 138 derajat bujur timur ( sebelum intelsat ) dan satelit Eutelsat 172A yang berada di 172 derajat bujur timur, atau setelah satelit intelsat. Walaupun saya belum pernah ke Eutelsat 172A, namun sepertinya tidak ada chanel chanel yang spesial di satelit ini, dengan kata lain, kita hanya tracking satu satelit saja, yaitu intelsat 19. 

 tracking satelit intelsat 19

Perangkat yang kami pakai untuk tracking adalah satu set parabola venus solid 6 Ft dan satfinder FREESAT V8 Finder, dan receiver yang di gunakan sehari hari adalah Matrix Burger S2 HD PVR AVS+ K5S terbaru. Sinyal C band dari satelit intelsat ini beam nya melimpah sehingga signal quality yang di dapatkan bisa di angka 70 an. Chanel chanel yang bermukin di satelit ini banyak yang menggunakan acakan Power Vu, jadi pastikan receiver anda mumpuni untuk mengatasinya. 

Langsung saja kita mulai cara mudah tracking frekuensi dan transponder satelit intelsat 19 terbaru. Pertama-tama perhatikan lnb parabola anda, yang saya gunakan adalah parabola dua lnb dengan lnb fokus pada palapa D. Jika anda tracking menggunakan kabel pendek tanpa memakai disecq, ubah pula pengaturan disecq pada receiver anda, pilihlah NONE pada setingan Disecq 1.0 . 

Lalu input Transponder terkuat dari satelit Chinasat 6B ( 115,5 BT ), yaitu 3797 H 6930. Kemudian geser sedikit saja ke timur, sekitar setengah sampai satu centimeter sampai di dapatkan signal pada transponder tersebut. Tidak perlu maksimal, karena kita hanya singgah sebentar saja di satelit ini. 

Dari satelit Chinasat 6 B, kita bergerak lagi ke satelit selanjutnya. Input transponder satelit Asiasat 4 ( 122,2 BT ), yaitu 4163 H 5040. Lalu gerakkan ke arah timur sedikit saja, sekitar satu centimeter saja, dan anda akan mendapatkan signal pada satelit Asiasat 4 tersebut. 

Sebelum melangkah lebih jauh, perlu saya sampaikan bahwa semakin kita bergerak ke timur, maka parabola harus semakin condong ke utara. Jika jarak satelit tidak terlalu jauh, baut pendek tidak perlu di rubah, namun jika jaraknya sudah sekitar 10 derajat, maka perlu di turunkan ke utara sedikit. Pada posisi awal Palapa D, baut elevasi berada pada posisi 7,5 ulir, setelah sampai di satelit intelsat nantinya menjadi 25 ulir, jadi bedanya lumayan jauh karena jaraknya juga jauh dari 113 BT ke 166 BT. 

Untuk baut azimuth ( yang panjang ), patokan yang kita hasilkan setelah ujucoba tracking ini adalah, setiap satelit berpindah sekitar 10 derajat, maka posisi baut azimuth bergeser sekitar 3 centimeter dan berlaku kelipatanya. Coba saja perhatikan bila nanti saat tracking, tandai kalau perlu. 

channel intelsat 19
Setelah dari satelit Asiasat 4, kita berpindah ke satelit JCSat 3A ( 128.0 BT ) dengan Transponder terkuatnya 4120 V 30000, lalu gerakkan parabola ke arah timursekitar 1,5 centimeter sampai anda mendapatkan signal dari satelit JCSat 3A tersebut. 

Kemudian kita lanjutkan kembali ke satelit selanjutnya yaitu satelit Vinasat 1 ( 132.0 BT ). Input transponder terkuatnya 3433 V 13600. Geser parabola sekitar satu centimeter saja dari posisi satelit  Asiasat 4 sampai anda mendapatkan signal dari satelit Vinasat 1.

Satelit yang menjadi tujuan kita selanjutnya adalah satelit Apstar 6 ( 134.0 BT ) dengan frekuensi transponder terkuatnya adalah 4051 H 9635. Stelah input transponder tersebut, geser parabola sedikit saja sekitar setengah sampai satu centimeter ke arah timur sampai menemukan signal dari satelit Apstar 6 tersebut. 

Sudh semakin dekat dengan tujuan akhir satelit kita yaitu intelsat 19, sebelum sampai kesana, kita mampir dulu di satelit selanjutnya, Satelit Telstar 18 (138.0 BT ) dengan frekuensi transponder terkuatnya adalah 3866 H 4290. Geser parabola anda sedikit saja ke arah timur, kurang lebih satu sampai satu setengah centimeter. Jika sudah ketemu signalnya berarti kita sudah satu langkah lebih dekat.

Sampai disini perhatikan kondisi baut panjang dan pendek pada parabola anda. Tandai dengan spidol permanent bilamana perlu. Mengapa hal ini perlu dilakukan ? Karena jarak antara Satelit Telstar 18 dan satelit intelsat 19 adalah sebesar 28 Derajat. Jarak tersebut lumayan jauh jika kita bandingkan jarak palapa dan telkom 3S yang hanya 5 derajat saja. 
baut elevasi intelsat 19

Terakhir, masukkan frekuensi terkuat dari satelit intelsat 19 ( 166.0 BT ) yaitu 3740 H 27500. Sebelum di geser, perlu anda ketahui, seperti uraian yang saya sampaikan di atas maka baut azimuth/ panjang  bergeser sekitar 8,5 centimeter dari lokasi terakhir ( Telstar 18 ). Sedangkan baut elevasi / pendek berubah menjadi sekitar 25 ulir. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini. 

Perlu di ketahui juga, lokasi tracking kali ini berada di Yogyakarta diposisi 110 derajat Bujur Timur. dan Jarak dengan Satelit Intelsat 19 sejauh 56 Derajat. Beberapa waktu yang lalu sudah kita bahas juga artikel mengenai chanel chanel unggulan di satelit intelsat 19 ini. Diantaranya Discovery Channel, Animal Planet, Fiji TV, LIGA HD, ABS CBN, Sports n Action, Cinema 1, ESPN, Eurosport Asia, Golf HD, TV5 Monde dan beberapa chanel lainya. 

Bagaimana, apakah sudah berminat untuk mulai tracking satelit intelsat 19 setelah membaca artikel ini ? Untuk pemula, disarankan menandai posisi awal parabola palapa telkom nya jika anda masih ragu ragu untuk memulai, agar bisa di kembalikan ke posisi semula dengan mudah. Yuk diskusikan hasil tracking anda di kolom komentar di bawah ini.. Absen yah yang sudah berhasil tracking.. Semoga bermanfaat. 

Disclaimer : Yang kami gunakan untuk tracking disini adalah Dish solid Venus 6 Ft. Posisi baut panjang ( azimuth ) dan baut pendek ( elevasi ) mungkin saja secara fisik bentuknya berbeda dengan yang anda miliki. Jarak dan sudut kemiringan mungkin saja berbeda pada perangkat dan lokasi anda. Terima kasih
Previous
Next Post »